Apakah Anda ingin membatalkan pendaftaran kartu XL, tetapi tidak tahu caranya? Mendengarkan

Pada tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan peraturan baru yang mewajibkan pengguna kartu SIM dengan ponsel yang ada untuk mendaftar kartu SIM dengan memasukkan data pribadi lengkap. Data pribadi ini didaftarkan dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) masing-masing pengguna.

Regulasi kewajiban registrasi kartu SIM ini wajib dilakukan oleh pengguna nomor lama dan pengguna nomor baru. Peraturan ini bertujuan untuk lebih melindungi pengguna jasa telekomunikasi dari tindak pidana atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga pengguna lebih nyaman dan aman.

Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah mengeluarkan peraturan baru yang membatasi kepemilikan nomor kartu SIM maksimal tiga nomor per orang. Pembatasan ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan kartu SIM untuk tujuan penipuan, voice phishing, penyebaran hoax, terorisme dan penggunaan lainnya dengan tujuan menyimpang. Tujuan keamanan lainnya adalah mengamankan transaksi SMS, mobile atau internet banking.
Cara deregister kartu XL
Sumber gambar: freepik.com

Bagi Anda yang sudah memiliki lebih dari tiga nomor SIM ponsel, kini ada cara untuk UNREG atau membatalkan pendaftaran kartu SIM. Setiap operator seluler sekarang, dengan caranya sendiri, menawarkan cara untuk kartu SIM UNREG. Fungsi UNREG pada SIM card ini berguna untuk menonaktifkan nomor yang sudah tidak digunakan lagi, agar nantinya tetap bisa menggunakan maksimal tiga nomor sesuai peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk mengetahui apakah kartu SIM yang Anda gunakan terdaftar atas nama Anda, periksa status pendaftaran kartu SIM. Sebagai pengguna kartu XL, Anda dapat memeriksa status pendaftaran kartu XL Anda dengan memasukkan 1234444# pada dial USSD lalu menekan tombol dial. Anda akan secara otomatis diberitahu tentang status pendaftaran kartu Anda, apakah itu berhasil atau tidak.

Untuk pengaturan kartu UNREG, setiap penyedia menyediakan fitur UNREG kartu SIM dengan cara yang berbeda. Sebagai pengguna nomor XL, Anda perlu mengetahui cara UNRULE kartu SIM XL agar kartu yang Anda daftarkan dapat dinonaktifkan dan nama Anda terhapus dari daftar pengguna nomor tersebut. Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk membatalkan registrasi kartu XL Anda.
UNREG kartu XL Via SMS
Sumber gambar: instagram.com/myxl

Sebagai pengguna kartu XL, Anda dapat UNRULE kartu XL Anda menggunakan cara pertama, yaitu melalui SMS. Anda dapat menggunakan fitur messaging atau mengirim pesan ke nomor 44444 dengan format UNREG#nomor kartu SIM#. Dengan kartu UNREG XL melalui SMS Anda akan diarahkan ke langkah selanjutnya hingga kartu Anda berhasil UNREG.

UNREG kartu XL melalui USSD

Jika Anda pengguna kartu XL, Anda dapat MEMBATALKAN REGULASI kartu XL Anda menggunakan fitur dial-in atau dial-in USSD. Dengan menggunakan fitur dial-up atau dial-in USSD, Anda dapat menghubungi 1234444# dengan kartu yang ingin Anda batalkan pendaftarannya. Selanjutnya, Anda akan diinstruksikan untuk mengikuti proses UNREG.
Kartu UNREG XL melalui operator seluler
Sumber gambar: instagram.com/myxl

Semua operator pasti menawarkan penyedia layanan ponsel yang dapat membantu Anda menemukan solusi untuk masalah yang Anda hadapi saat menggunakan kartu SIM di ponsel Anda. XL juga memiliki operator seluler yang selalu dapat membantu Anda jika Anda memiliki masalah dengan kartu XL Anda ILEGAL.

Dengan menghubungi operator seluler XL, Anda BISA MEMBATALKAN kartu XL. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi 817 menggunakan fasilitas dial-up atau menghubungi USSD di ponsel Anda. Jika Anda menekan 817, Anda akan diarahkan ke layanan yang Anda perlukan untuk MEMBATALKAN kartu XL yang ingin Anda nonaktifkan.

Kartu UNREG XL tentu diperlukan jika Anda memiliki lebih dari tiga nomor. Dengan memiliki satu set nomor SIM yang unik, data Anda tetap aman dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Status pendaftaran dan kepemilikan nomor ponsel Anda juga akan semakin jelas untuk segala kebutuhan sehari-hari Anda.

Sumber :