Sorotan pendiri, menginspirasi para pendiri untuk membuat startup yang penuh inovasi

Founders Spotlight adalah serangkaian wawancara oleh BLOCK71 yang ditujukan untuk menyoroti para pendiri program ekosistem yang mengambil langkah berani untuk mengatasi tantangan paling kritis di Asia Tenggara dalam peluang yang muncul sebagai solusi berbasis sains dan teknologi yang inovatif.

Ini sejalan dengan program Runway Startup Global BLOCK71 untuk mengenali mitra ekosistem dan pendiri startup di dalamnya.

Global Startup Runway BLOCK71 adalah program inkubasi selama setahun, intensif, bebas ekuitas yang dirancang untuk membantu para pendiri dan eksekutif startup memanfaatkan dukungan global dan keahlian mitra BLOCK71 untuk memanfaatkan keunikan pasar Asia dan membuat Solusi yang berdampak untuk skala untuk menciptakan nilai bagi mereka pelanggan, masyarakat dan industri.

Founders Spotlight sendiri telah menghadirkan banyak cerita di balik berdirinya berbagai startup. Namun, lima di antaranya berhasil menarik perhatian lebih berkat inovasi dan kreativitasnya yang patut diacungi jempol sebagai bagian dari keberlanjutan. Ini dia highlight dari Top 5 Founders Spotlight dari Runway Startup Global BLOCK71!
Dengan berdirinya ReservoAir, Anisa bertujuan untuk menyelesaikan masalah banjir di Indonesia melalui platform teknologi pemetaan

Anisa Azizah mendirikan ReservoAir sebagai platform solusi air terintegrasi yang bertujuan untuk menghadirkan teknologi mitigasi banjir melalui platform pemetaan kerentanan kepada pengembang publik dan swasta yang ingin membangun di daerah perkotaan. ReservoAir mengembangkan blok berpori sebagai bahan bangunan untuk mendukung pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Platform ini didukung oleh Platform Pemetaan Kerentanan (GIS dan Data Flood Modeling) yang juga mereka bangun dengan layanan konsultasi ahli untuk sektor publik dan swasta yang ingin membangun di daerah perkotaan. ReservoAir didirikan di Bandung dari sebuah ironi yang timbul dari kegagalan pembangunan kota yang menimbulkan masalah dalam pembangunan infrastruktur. Maka diperlukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa menimbulkan masalah baru.

Saat memasarkan produk mereka, pertanyaan pelanggan tentang mengintegrasikan solusi ke dalam sistem drainase dan pembuangan kotoran meningkatkan kesadaran Anisa dan rekan-rekannya. Membantu lebih banyak orang dan membantu mengatasi banjir membutuhkan pengembang yang mau dan mampu mengakses dan menerapkan solusi ini.

Jika Anda membuat lebih banyak orang menyadari kontribusi Anda untuk mengurangi banjir dan menunjukkannya, orang lain akan menganggapnya sebagai norma baru. Jadi mereka akan mulai berpikir tentang pengelolaan air saat membangun rumah dan akan mendorong arsitek/pengembang untuk melakukannya.
Bas A. Fransen mempersembahkan EcoMatcher, Optimasi Blockchain yang Memastikan Solusi Iklim melalui Ketertelusuran Penanaman Pohon

Sebagai B-Corp bersertifikat, EcoMatcher, yang didirikan oleh Bas A. Fransen, telah berhasil menjadikan platform blockchain sebagai media transparan untuk penanaman pohon, yang sekarang sedang dipromosikan oleh banyak perusahaan. Dengan minat pada keberlanjutan, EcoMatcher diciptakan sebagai bagian dari solusi iklim di era digital.

EcoMatcher menawarkan perusahaan proposisi nilai untuk membantu menanam pohon sambil meningkatkan bisnis mereka: apakah itu dengan meningkatkan retensi pelanggan atau meningkatkan keterlibatan karyawan. EcoMatcher memastikan pohon dapat secara transparan melihat mobilisasi mereka dari waktu ke waktu mulai dari pemilihan tanaman hingga pengiriman hingga pertumbuhan.

Bersama Alvin Juninanto Lan, alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Direktur Teknik, ia juga merelokasi basis pengembangan EcoMatcher dari Hong Kong ke Kota Parahyangan. Bas meyakini ITB telah berhasil mencetak mahasiswa Indonesia yang berkompeten secara teknis. Selain itu, Bandung bukan hanya salah satu daerah terindah di Indonesia, tetapi juga berhasil melahirkan anak-anak muda berbakat lainnya.
Synectify, Protokol Bukti Kerja Penyerap Limbah Energi Terbarukan Spons Blockchain dan Pembangun Ekonomi Sirkular

Synectify diciptakan oleh Dr. Peter Finn bersama dengan Dr. Echo Lei Wang yang didirikan sebagai startup di Singapura yang berinovasi dalam komputasi terdistribusi dan penyerapan limbah energi untuk menciptakan ekonomi sirkular dalam transisi ke energi terbarukan.

Sumber :